Jumat, 03 September 2010

Membuat RAB dan Skedul proyek terintegrasi dengan MsProject

Program MsProject buatan Microsoft sudah dikenal handal dan fleksibel sehingga menjadi favorit bagi para perencana proyek untuk menggunakannya sebagai tool dalam membuat model proyek. Fasilitas yang tersedia yaitu kalkulasi CPM/PERT , Resources dan Cost sangat memadai dan mudah digunakan apalagi data dari msproject bisa dengan mudah dipindahkan ,digunakan pada apliaksi msoffice seperti Excel,Access,Word melalui proses copy/ paste atau export/import maupun dengan VBA programming, Sehingga dapat dikatakan bahwa semua kebutuhan perencanaan dan penjadwalan proyek bisa dipenuhi.
Selama ini saya menggunakan Msproject untuk membuat perencanaan dan memonitor proyek . Pada awalnya proses kerja sbb ;
- RAB proyek sudah disiapkan terlebih dulu menggunakan Excel  dengan mengacu pada analisa biaya SNI (Umumnya sudah dalam format XLS. )
- Copy / paste daftar pekerjaan , volume dan satuan ke kolom2 di msproject.
- Mengisi data resources ke masing2 Task / Activity.
- Dst (setting calendar,task dependencies,duration dll)
Yang paling banyak menyita waktu adalah saat memasukkan data resources (material dan tenaga kerja) setelah melalui prosedur kalkulasi di excel kemudian entry masing2 resources ke masing2 task. Beberapa waktu setelah mengerjakan dengan cara seperti diatas dan menghabiskan banyak waktu kemudian timbul inisiatif untuk membuat proses tsb berjalan otomatis. Kemudian saya membuat suatu aplikasi yang langsung mengisi masing2 task dengan volume resources yang sesuai standar analisa SNI . Kini pekerjaan assign resources menjadi menyenangkan. Cukup dengan mengisi kode analisa di setiap task maka proses assign resources berjalan otomatis.


Selanjutnya, laporan2 lainnya bisa langsung dihasilkan seperti Crosstab , Cost, Skedul material dll sesuai kebutuhan proyek. Aplikasi diatas saya buat dengan menu operasional yang sederhana / simple. Informasi lebih detail bisa disimak disini  msprocsi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar